Daftar Isi
Kurikulum SKKK Yogyakarta dibangun untuk mewujudkan Visi dan Misi, didasarkan Nilai-nilai inti, dan dibangun dengan dilandaskan SMART Framework dengan lima komponen (pilar), yaitu: Spiritual Formation (S), Mision of Grace (M), Academic Excellence (A), Relational Support (S), dan Transformative Impact (T)
Integrated Discipleship Curriculum — IDisciple #
Kurikulum yang diterapkan di SKKK Yogyakarta disebut Integrated Discipleship Curriculum:
- Integrated (terpadu): perpaduan iman dan pengetahuan (seamless blending of faith and knowledge). Seluruh prinsip, nilai dan kebenaran Alkitab diintegrasikan ke dalam seluruh mata pelajaran.
- Discipleship (pemuridan): menekankan pentingnya murid mendapatkan pengalaman belajar yang mendukung pertumbuhan secara holistik (utuh) — baik secara spiritual, intelektual, ataupun karakter.
- Mengapa IDisciple?
- IDisciple menunjukkan satu identitas kepemilikan (personal identity dan ownership).
- IDisciple mengandung dua makna yaitu “I am a disciple” (saya seorang murid) dan “I am disciplining others” (saya memiliki tanggung jawab menjadikan orang lain murid). Setiap guru dan anak bertumbuh dalam segala hal di dalam Kristus, dan menolong orang lain untuk bertumbuh dalam segala di dalam Kristus.
- Bertumbuh dalam segala hal: akademik (pengetahuan dan keterampilan), emosi, sosial, karakter dan iman.
- Kurikulum di SKKK Yogyakarta adalah kurikulum yang berpusat kepada Kristus (Christ-centered).
Holistik dan Keterampilan Abad 21 #
Seluruh proses pembelajaran di SKKK Yogyakarta dilakukan secara holistik, serta diarahkan dan dilakukan untuk membangun keterampilan abad 21, yang disebut dengan 6C, yaitu:
- critical thinking & problem-solving
- communication
- collaboration
- creativity & innovation
- culture
- connectivity
Gambaran Umum Kurikulum di SKKK Yogyakarta #
Berikut gambaran umum kurikulum untuk jenjang KB/TK, SD dan SMP:
Kurikulum Nasional | Kurikulum Khas SKKK | Spiritual Formation | |
KB/TK | Kurikulum Merdeka (semua jenjang) | 1. Bahasa Inggris (Pearson) 2. Bahasa Mandarin 3. Montessori: – LifeSkill Area – Language Area – Area Bahasa Indonesia – Math Area – Art and Craft Area – Environmental Awareness – Sensory Awareness Pendekatan: – multiple intelligence – neuro-based learning Ekstrakurikuler: Lihat di halaman ini | 1. Christ-Like Characters (CLC)* 2. Ibadah Murid 3. Ibadah Perayaan 4. Pelayanan (tampilan) 5. Vacation Bible School (VBS) *Sebelumnya disebut Christian Character Building (CCB) |
SD | Kurikulum Merdeka (semua jenjang) | 1. Bahasa Inggris (Pearson) 2. Bahasa Mandarin 3. Bahasa Jawa Ekstrakurikuler: Lihat di halaman ini | 1. Christ-Like Characters (CLC) 2. Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) 3. Ibadah Murid 4. Renungan dan doa pagi 5. Refleksi 6. Ibadah Perayaan 7. Retreat 8. Pelayanan di gereja 9. Vacation Bible School (VBS) |
SMP | Kurikulum Merdeka (semua jenjang) | 1. Bahasa Inggris (Pearson) 2. Bahasa Mandarin 3. Bahasa Jawa 4. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Ekstrakurikuler: Lihat di halaman ini | 1. Christ-Like Characters (CLC) 2. Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) 3. Ibadah Murid 4. Renungan dan doa pagi 5. Refleksi 6. Ibadah Perayaan 7. Retreat 8. Pelayanan di gereja 9. Vacation Bible Xplore (VBX) |