Jenjang Pendidikan

Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) Yogyakarta menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

KB/TK Kristen Kalam Kudus Yogyakarta


Integrated Curriculum

KB/TK Kristen Kalam Kudus Yogyakarta mengintegrasikan beberapa kurikulum untuk mewujudkan misi dan visi sekolah, yaitu:

  • Christian Character Building
  • Montessori
  • Neuro-Based Learning
  • Multiple Intelligence
  • Kurikulum Nasional 2013 (K-13)

i-Learning

Kurikulum tersebut tertuang dalam area-area pembelajaran sesuai pendekatan Multiple Intelegence, yang disebut sebagai i-Learning. Area-area ini menolong untuk menumbuhkan aspek-aspek perkembangan dalam diri setiap anak, serta menghargai setiap anak adalah pribadi yang unik.

1. Life Skills Area

Anak-anak belajar untuk dapat menolong dirinya sendiri dan belajar untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bantuan.

2. Enviromental Awarenes

Anak-anak belajar tentang lingkungan sekitarnya sesuai dengan tema.

3. Area Bahasa Indonesia

Anak-anak belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan

4. Language Area

Anak dilatih berbahasa Inggris dan Mandarin dengan bahan ajar yang edukatif dan kreatif.

5. Math Area

Dengan alat belajar matematika yang berurutan tingkat kesulitannya, anak-anak belajar langkah demi langkah memperkuat konsep matematika tahap awal.

6. Sensory Awareness

Anak-anak mengalami pengalaman untuk membuat bentuk, berimajinasi dengan bentuk-bentuk lain sesuai yang diimajinasikannya, mengenal bunyi keras dan lembut memperkuat seluruh indra.

7. Art and Craft Area

Anak-anak menuangkan ide untuk membentuk sesuatu sesuai terna belajar.

8. Christian Character Building Area

Anak belajar tentang Firman Tuhan dengan cara yang menarik dan program-program lain yang terintegrasi dengan pembelajaran di kelas.

Ekstra Kurikuler

Berikut kegiatan ekstra kurikuler untuk siswa KB-TK yang dilakukan di dalam jam sekolah (intra kurikuler)

  • Mandarin
  • Bahasa Inggris dengan kurikulum Cambridge
  • Angklung untuk anak TK-A / K1
  • Menari untuk anak TK-B / K2

Hari dan Jam Sekolah*

Berikut jam sekolah untuk jenjang KB/TK untuk hari Senin hingga Jumat:

Kelompok Bermain (KB)

ToddlerNursery 1Nursery 2
10.30 – 13.0007.00 – 09.3010.30 – 13.00

Taman Kanak-Kanak (TK)

K.1.1 & K.1.2K.13K.2.1 & K.2.2K.2.3
07.00 – 10.3010.30-14.0007.00 – 10.3010.30 – 14.00

Kalender Pendidikan


Kepala Sekolah, Waka, Guru dan Karyawan

Betty Nurani Simanjuntak, S.PdKepala Sekolah
Herlina Susanti Hermanto, MAGuru
Putri Wulandari, S.P., S.Pd.Guru
Lucia Pitadesi Saraswati, S.PdGuru
Dwi Feniati Rahayu, …. S.Pd.Guru
Marlena Epifani SitepuGuru
Zita Christiana Siagawati, S.Pd.AUDGuru
Mitayani Puji Widiana, S.PsiGuru
Rahayu Puji L Ismawati, S.PdGuru
Titik Kris Samsutarti, S.Pd.Guru
Chrysna Realisa Septiani, M.A.Guru
Endah Arumbini Setyawati, S.PsiGuru

Galeri

*Klik/sentuh untuk memperbesar gambar

SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

Kurikulum


SD Kristen Kalam Kudus pertama kali beroperasi dalam Tahun Ajaran 2000/2001 dan mendapat ijin operasional tahun 2001. Sebagai sekolah regular nasional, SD KKK menjalankan kurikulum nasional. Pada saat pertama menjalankan kurikulum 1993, lalu KBK tahun 2006, dan pada awal diberlakukan Kurikulum 2013, SD KKK menjadi salah satu dari 15 SD Piloting dari 168 SD di Kota Yogyakarta.

Kurikulum 2013 mempunyai spirit untuk mengembalikan pembelajaran agar kembali berpusat pada siswa/ student center. Dan kami guru2 terus berproses dan belajar untuk dapat merancang pembelajaran yang merawat rasa ingin tahu siswa, yang membuat siswa menemukan pengetahuannya sendiri, dan merancang pembelajaran yang dapat menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam diri siswa. Tidak mudah, namun bapak ibu guru terus belajar agar siswa siswa mengalami pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Selain itu SD KKK juga memberi perhatian besar pada penumbuhan Karakter. Bagi kami Sekolah Kristen harus lebih dari sekadar komunitas moral. Sekolah Kristen harus menghadirkan Tuhan Yesus dalam segala aspek aktivitasnya. Menjadi eksistem kerajaan Allah, di mana setiap guru dan siswa bisa mengenal dan mengalami keberadaan Tuhan secara utuh.

Sebagai sebuah ekosistem moral, SD KKK tidak bisa tampil sendirian, dibutuhkan kerjasama orang tua. Karena itu,SD KKK selalu mengajak agar orang tua mengambil peran sebagai orang tua pertama dan utama karena itulah mandat Alalh kepada setiap orang tua.

Kiranya, dengan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan yang hadir dalam eksosistem kerajaan Allah, kami yakin setiap anak-anak yang Tuhan titipkan pada kami akan menemukan talentanya, mengalami Tuhan, dan menemukan panggilan Tuhan dalam diri mereka sehingga mereka jadi berkat bagi kerajaan Allah di bumi ini.

Hari dan Jam Sekolah*


*dimulai dengan renungan pagi

HariKelas 1 – 3Kelas 4
Senin – Kamis07.00 – 12.5007.00 – 13.40**
Jumat07.00 – 12.15*07.00 – 12.45***
* Ekstra untuk kelas 1-3: Jumat, 13.15
** Pramuka Kelas 4: Kamis, 14.30
*** Ekstra Kelas 4: Jumat, 13.45
HariKelas 5 & 6
Senin – Rabu07.00 – 13.40
Kamis07.00 – 13.00
Jumat07.00 – 12.45*
* Ekstra untuk kelas 5 & 6: Jumat, 13.45

Kalender Pendidikan


Kepala Sekolah, Waka, Guru dan Karyawan

Lily Halim, S.Pd.Kepala Sekolah
Evaning Pratiwi, S.Pd.Guru Kelas 2
Ratna Dewi K, S.Pd.Guru Kelas 3
Caesilia Puji A, S.Pd.Guru Kelas 4
Windri Astuti, S.Pd.Guru Kelas 6
Lanywatiningsih, S.Th.Guru Agama Kelas 3 & 4
Ev. Maria Fenni W, M.Th.Guru BK / Kerohanian
Frendi Eko N, S.Pd.Guru Gambar Kelas 1, 2, 3
Edelyn K, S.E., M. TCSOL.Guru Mandarin Kelas 2
Yuliana Krisnawati, S.Pd.Guru Kelas 1
Nabella LA, S.Pd.Guru Kelas 2
Hangudyani H, S.Pd.Guru Kelas 3
Wahyu Wanodya, S.Pd.Guru Kelas 5
Diat Murdiani, S.Pd.Guru Kelas 6
Susiyanti Heni Y, S.PAK.Guru Agama Kelas 5 & 6
Yunia Kusumawati, M.Pd.Guru Bhs Inggris Kelas 1 & 2
Agus Suryanto, S.Sn.Guru Gambar Kelas 4 & 6
Natasha Ivana, B.Ed.Guru Mandarin Kelas 3 & 4
Agnes Purwiyatmi, S.Pd.Guru Kelas 1
Anggraita P, S.Pd.Guru Kelas 2
Hepy Dwiarti, S.TP.Guru Kelas 4
Kristiana S, S.Pd.Guru Kelas 5
Maria Widiana, S.Pd.Guru Kelas 6
FX Dheny H, S.Pd. Jas.Guru PJOK Kelas 1, 3, 6
Christina Radiastuti, S.Pd.Guru Bhs Inggris Kelas 3 & 4
Milea Dian E, S.E., M.M.Guru Gambar Kelas 5
Victor Imanuel S, S.Mg.Guru Musik Kelas 1 – 6
Maria V Purba, S.Pd.Guru Kelas 1
Wirayanti, S.Pd.Guru Kelas 3
Yustinus Kumoro D, S.Pd.Guru Kelas 4
Valentina Nur E, S.Pd.Guru Kelas 5
Ari T Yuniati, M.Pd.K.Guru Agama Kelas 1 & 2
Dita Puspitasari, M.Pd.Guru PJOK Kelas 2, 4, 5
Lilih Wulan S, S.Pd.Guru Bhs Inggris Kelas 5 & 6
Dionisia Listya RL, A.Md.Guru Mandarin Kelas 1, 5, 6

Galeri

*Klik/sentuh untuk memperbesar gambar

SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta


Christ-Like Characters

Kerohanian yang bertumbuh ke arah Kristus merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan di tengah tantangan perkembangan zaman saat ini. SMP Kristen Kalam Kudus hadir menjadi jawaban dengan cara menjadikan Firman Tuhan sebagai pondasi dalam kehidupan di sekolah, baik dalam interaksi sosial, kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun kegiatan pengembangan diri.

Pendidikan di SMP Kristen Kalam Kudus diarahkan pada perubahan sikap hati dan karakter yang serupa dengan Kristus (Christ-Like Character). Pendidikan Kristen merupakan pondasi dalam seluruh proses pembelajaran dan pengembangan program di sekolah. Sekolah mengembangkan kegiatan pembiasaan melalui keteladanan, praktik langsung, kegiatan-kegiatan pengembangan diri, dan juga integrasi pengembangan karakter dalam seluruh materi pembelajaran.

Program Pengembangan Diri

Program-program pengembangan diri dilaksanakan secara rutin dan terjadwal agar semua warga sekolah terbangun menjadi manusia yang utuh, yang takut akan Tuhan dan berguna bagi dunia. Program pengembangan diri di SMP Kristen Kalam Kudus adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Kerohanian
    a. Saat teduh pagi
    b. Refleksi
    c. Ibadah per jenjang
    d. Ibadah gabungan
    e. Ibadah perayaan hari besar: Paskah, Natal, dll.
    f. Retreat
    g. Vacation Bible for Teen
    h. Pelayanan di gereja-gereja
    i. Bimbingan konseling yang terintegrasi dengan kegiatan kerohanian.
  2. Bidang Kesiswaan
    a. Ekstrakurikuler di bidang: seni (vokal, musik, tari, lukis), sains (KIR), olah raga (basket, futsal), bahasa (jurnalistik, Mandarin Club, English Club), dan lainnya (Pramuka)
    b. Latihan kepemimpinan
    c. Lomba-lomba internal dan eksternal
    d. Bakti Sosial
    e. Kemah
    f. Live in
  3. Bidang Budaya Sekolah
    a. SMART
    S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan
    M : Maaf
    A : Antri
    R : Rapi, rajin, ringkas, resik
    T : Tolong dan Terimakasih
    b. 7 K
    c. “Saling” : Saling mengasihi, saling memberi, saling menolong, dll.

SMP Kristen Kalam Kudus merupakan sekolah swasta yang menggunakan kurikulum nasional, muatan kurikulumnya sesuai dengan Kurikulum Nasional 2013.

Bahasa Mandarin

Salah satu kelebihannya adalah adanya mata pelajaran Bahasa Mandarin yang menjadi ciri khas yayasan. Pelajaran Bahasa Mandarin menjadi satu nilai lebih yang dikembangkan oleh sekolah agar kualitas lulusan semakin berwawasan global dan berguna bagi dunia.

Bahasa Inggris (Cambridge)

Selain itu, pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini juga menggunakan materi pembelajaran dari Cambridge University Press. Penggunaan materi pembelajaran dari Cambridge University Press ini membuat pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini menjadi berstandar internasional. Lingkup materi pembelajaran menjadi lebih luas, penggunaan digital/installed exercise dalam pembelajaran, serta tersedianya bahan video dan rekaman native speaker mampu menghasilkan kualitas lulusan yang lebih terampil dalam berbahasa Inggris. Dan hal tersebut tentunya menjawab kebutuhan akan kualitas SDM yang berwawasan dan berstandar internasional.

Keterampilan Abad 21

Sekolah juga memperlengkapi peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan abad 21 yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity and Inovation, Culture dan Connectivity. Keterampilan abad 21 itu terintegrasi secara penuh dalam seluruh proses pembelajaran di sekolah ini. Penugasan penugasan yang diberikan sekolah selalu mengajak peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan berbudaya dalam pemecahan suatu masalah. Interaksi proses pembelajaran yang dibangun oleh guru juga diharapkan mampu membangun serta membentuk keterampilan berpikir abad 21 tersebut. Selain itu, keterampilan abad 21 juga dibangun melalui berbagai kegiatan pengembangan diri serta penggunaan TIK dalam seluruh proses pembelajaran.

Hari dan Jam Sekolah

HariKelas 7, 8, dan 9
Senin – Jumat06.55* – 14.00

*dimulai dengan renungan pagi

Kepala Sekolah, Waka, Guru dan Karyawan

Astuti Triasmani, S.Pd.Kepala Sekolah
Christiawan BR, S.Pd.PPKN & IPS
Bagus W Harjanto, S.Pd.Matematika
Sutopo Martinus, S.Pd.Bahasa Inggris
Clara S Wahyuni P, S.Pd.Wakil Kepala Sekolah
Susana Ekawati, S.Pd.Bhs Indonesia & Prakarya
Eufrisia MA., S.Pd.IPA
Angga D Krisnawan, S.Pd.Bahasa Jawa
Ev. Frans E, S.Pd., M.Th.Bimbingan & Konseling
Yanaria Garini, S.Pd.Bhs Indonesia & Prakarya
Christian A William, S.Sn.Seni Budaya & Prakarya
Maria Felicia C., B.Ed. MTCSOLMandarin

Elisa Situmorang, S.Pd.PAK & Budi Pekerti
Sulistyorini K., S.Pd.IPS
Sunu Widayani, S.Pd.Jas.Penjasorkes & Prakarya

Galeri

*Klik/sentuh untuk memperbesar gambar