Tentang SKKK Yogyakarta

Profil Sekolah

Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) adalah sebuah jaringan sekolah Kristen di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Kristen Kalam Kudus Indonesia (YKKI) dan masih berafiliasi dengan Gereja Kristen Kalam Kudus. SKKK merupakan sekolah Kristen dengan jaringan terluas di Indonesia, mulai dari Sumatera Utara hingga Papua.

Sekolah Kristen Kalam Kudus Yogyakarta merupakan sekolah swasta yang menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Per akhir Tahun Ajaran 2019/2020, SKKK Yogyakarta memiliki 638 murid. Dengan rincian:

JenjangJumlah Murid
KB/TK131 murid
SD338 murid
SMP169 murid

Sejarah

Pada tanggal 7 Oktober 1996, Majelis GKKK Yogyakarta mendirikan dan membentuk Badan Pengurus Yayasan Kalam Kudus Indonesia cabang Yogyakarta (selanjutnya disingkat YKKI cabang Yogyakarta) dengan ketua Pdt. Hendra Arifin.

Pada tanggal 29 Oktober 1996, dilaksanakan peresmian SKKK Yogyakarta oleh Ketua YKKI Pdt. Jimmy Singal. Tanggal tersebut ditetapkan oleh Badan Pengurus YKKI Cabang Yogyakarta sebagai Hari Jadi SKKK Yogyakarta.

Kegiatan belajar mengajar dimulai dengan Kelompok Bermain (KB), dengan meminjam gedung GKKK Yogyakarta sebagai tempat untuk aktifitas KB, dengan 15 anak. KB A dipimpin Ev. Astuti, S.Th. (lulusan SAAT).
Selanjutnya dibuka pendidikan Taman Kanak-kanak, dimulai dengan 5 anak dan dua orang guru. Guru pertama SKKK Yogyakarta adalah Ibu Zita Christiana Siagawati, A.Ma., yang mulai bertugas pada Juni 1997, selanjutnya Ibu Agnes Purwiyatmi, S.Pd.

Kepala TK-SD SKKK Yogyakarta pertama adalah Ibu Irawati Irwanto, A.Ma. yang mulai bertugas pada bulan April 1999. Beliau menjabat sebagai kepala TK-SD SKKK Yogyakarta adalah atas permintaan YKKI Cabang Yogyakarta, dan atas dorongan Pdt. Jimmy Singal untuk membantu YKKI Cabang Yogyakarta. Beliau melaksanakan tugasnya dengan baik, sampai pada tahun 2004 beliau kembali menjadi guru di SKKK Solo

Pada tahun 2001, GKKK Yogyakarta membeli sebidang tanah seluas 4472m2, beralamat di Jalan Jambon No. 41 Yogyakarta.

Pada tanggal 20 Februari 2002 Ketua YKKI, Pdt. Jimmy Singal, melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung SKKK Yogyakarta. Dana pembangunan dari jemaat GKKK Yogyakarta serta simpatisan.

Pada tanggal 14 September 2002, Ketua YKKI, Pdt. Jimmy Singal, melaksanakan kebaktian persembahan gedung Taman Kanak-Kanak SKKK Yogyakarta.

Pada tahun 2004, Tuhan menyediakan Ibu Lily Halim, S.Pd. sebagai kepala SD SKKK Yogyakarta; untuk melanjutkan karya dari Ibu Irawati Irwanto yang kembali ke SKKK Solo.

Pada tanggal 19 Agustus 2005, Ketua YKKI – Pdt. Jimmy Singal, penasihat YKKI – Pdt. Peter Wongso, memimpin kebaktian persembahan gedung SD dua lantai beserta aula. Pdt. Peter Wongso menyampaikan khotbahnya. Murid SKKK saat itu sudah berjumlah 293 anak.

Pada tahun 2010, YKKI Cabang Yogyakarta membeli sebidang tanah seluas 2.600m2, beralamat di Jambon IV RT01 RW 01, Yogyakarta. Atas anugerah Tuhan, segera dibangun gedung SKKK untuk SMP. Akhir tahun itu juga gedung SKKK selesai dibangun. Kepala sekolah SMP yang pertama adalah Ibu Astuti Asmani, S.Pd.

Puji syukur atas anugerah Tuhan, SKKK Yogyakarta, mulai dari membangun gedung TK, SD, sampai SMP, semua dibangun oleh Ir. Hermanto Wijaya, jemaat GKKK Yogyakarta, yang juga adalah ketua YKKI Cabang Yogyakarta. Majelis GKKK Yogyakarta serta BP YKKI Cabang Yogyakarta mempercayakan insinyur muda tersebut yang mempunyai reputasi baik di kalangan masyarakat untuk membangun semua gedung SKKK. Beliau membaktikan dirinya untuk melaksanakan semua pembangunan tersebut.

Sekarang SKKK berada di 28 kota terdiri 32 unit SKKK. Di Jakarta terdapat 5 unit SKKK. SKKK tertua ada di Kota Malang (berdiri 1953). Jumlah murid SKKK di seluruh Indonesia berjumlah 22.040 anak (catatan 2016/2017).


Disalin dari tulisan Pendeta (Emeritus) Hendra Arifin
Buku Kenangan 50th GKKK Yogyakarta

Visi dan Misi

Sekolah Kristen Kalam Kudus percaya bahwa setiap anak diciptakan secara unik dengan tujuan tertentu. Oleh sebab itu, Sekolah bekerjasama dengan orangtua untuk menemukan tujuan hidup tiap peserta didik.

Pendiri Sekolah Kristen Kalam Kudus memiliki visi untuk membawa setiap peserta didik bertemu Pencipta-Nya, mengenal siapa dirinya sendiri, dan menjalani proses pertumbuhan untuk akhirnya menjadi seorang yang dewasa, berkenan sesuai dengan rencana Tuhan dan membawa berkat bagi banyak orang.

Visi

Terbangunnya Manusia Utuh yang Takut akan Tuhan, Mandiri, dan Berguna bagi Dunia.

Ef. 2:19-20; 1Kor. 9:19; Ams. 1:7

Misi

  1. Mengajak peserta didik untuk memiliki hati yang takut akan Tuhan.
  2. Membimbing peserta didik supaya mengasihi sesama manusia dan menghargai lingkungan alam ciptaan Tuhan.
  3. Membina peserta didik bertumbuh menjadi manusia yang sehat mental, berbudi pekerti luhur dan bertanggung jawab sesuai nilai kebenaran.
  4. Memberikan pengetahuan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai tuntutan perkembangan jaman.
  5. Melengkapi peserta didik dengan keterampilan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan potensi untuk mengembangkan dirinya.
  6. Memberdayakan semua yang berkepentingan (stakeholder) untuk menjadi insan pendidikan

Motto

Dengan kasih dan disiplin meningkatkan prestasi

Nilai-nilai Inti (Core Values)

Nilai-Nilai Inti Sekolah Kristen Kalam Kudus

Keterangan:

  1. Bentuk lingkaran melambangkan keutuhan atau holistik dari nilai-nilai inti yang merupakan
    turunan visi SKKK.
  2. Warna merah: melambangkan darah Kristus yang mengasihi manusia.
  3. Warna biru: melambangkan kearifan sebagai bentuk dari sikap mandiri.
  4. Waran Hijau: melambangkan perdamaian dan pertumbuhan yang terlihat melalui karya nyata
    yang berguna.

Makna Logo

Logo Sekolah Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

Sekolah Kristen Kalam Kudus menggunakan lambang / logo sebuah buku yang terbuka dan di tengahnya tertera gambar salib.

Salib

Menunjukkan kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Sekolah Kristen Kalam Kudus di dalam segala pengajarannya menjunjung tinggi Yesus Kristus dan ingin memperkanalkan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat melalui tutur kata dan teladan para guru, sehingga siswa siswi bukan hanya menjadi murid yang pandai dan berilmu, tetapi menjadi manusia berbudi pekerti yang baik serta mendapatkan Hidup Baru bersama Kristus.

Buku Terbuka

Yang dimaksud dengan buku terbuka adalah Alkitab. di kedua halaman buku yang terbuka tertulis Kalam Kudus. Kalam berarti Firman atau Sabda, dan Kudus berarti Suci. Dengan demikian Sekolah Kristen Kalam Kudus mendasarkan segala kegiatan dan rencana masa depannya di atas Firman Alah yang suci dan benar.

Pengurus Yayasan

BP Cabang YKKI Yogyakarta periode 2019 – 2021

KetuaIr. Hermanto Wijaya
Wakil KetuaDavin Tandiono
SekretarisNugroho Kurniantoro
Bendahara IAristo Setiawan Chriswanto
Bendahara IILiem Kok Djiang
Bidang SDM dan ManajemenDavin Tandiono
Bidang Administrasi dan KeuanganAristo Setiawan Chriswanto
Bidang Pengembangan PendidikanLiem Kok Djiang
Bidang Pembangunan dan InfrastrukturEddy Hermanto
Bidang Pembinaan dan KerohanianBilly Jethrokusumo

Kerjasama (Partners)